Sejarah Sekolah

By Marta Eka Candra, S.Pd 04 Jan 2021, 11:46:35 WIB

SEJARAH SMK NEGERI 9 PADANG

SMK Negeri 9 Padang adalah salah satu SMK yang memiliki nomor urut yang ke sembilan berdiri di kota Padang, Sumatera Barat, dengan ditandai adanya :

  1. SK Pembukaan dan Penegerian sekolah Tahun Pelajaran 1995/1996 Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 107/0/1997 Republik Indonesia.
  2. SK Pendirian sekolah 16 Mei 1997
  3. SK Izin operasional sekolah Nomor 421/589/DP.Dikmen I/2016 Tanggal 13 Juli 2016
  4. Keputusan Wako Izin mendirikan bangunana keperluan sekolah /SMK N 9 yang berlokasi di jalan hiligo no 65 Padang No/0634/IMB.SP.LT.2/PB/2008.

Gedung SMK Negeri 9 Padang dulunya adalah sebuah gedung sekolah Kejuruan yang setingkat dengan Sekolah Menengah Pertama yang memiliki jurusan keterampilan memasak, menjahit, yang diberi nama SKKP. Berdasarkan kebijakan baru dari Pemerintah yang akan menghapuskan sekolah kejuruan setingkat Sekolah menengah pertama maka SKKP di pindahkan ke SMP 31 yang beralamat di Jl. Andalas No 106 , Kecamatan Padang Timur. Dan untuk sementara nama SKKP tidak ada lagi.

Oleh Pemerintah pada tahun 1996, ditambahlah bangunan bertingkat tiga di lokasi SKKP tersebut,pembangunan yang berjalan lebih kurang dari satu tahun, langsung disikapi oleh dinas pendidikan yang pada waktu itu bernama Kanwil dinas pendidikan untuk menjadikan SKKP tersebut menjadi sekolah kejuruan yang setingkat Sekolah Menengah Atas yang di beri nama SMK Negeri 9 Padang .

Dengan dibukanya SMK Negeri 9 Padang, Perekrutan guru dilakukan pada bulan Mei tahun 1997, sehingga pada bulan juni SMK Negeri 9 Padang sudah menerima siswa baru sebanyak 4 kelas dengan dua jurusan , yaitu jasa boga dan akomodasi perhotelan.

SMK Negeri 9 Padang adalah salah satu sekolah kelompok Pariwisata yang lokasinya strategis yang berada ditengah kota yang dikelilingi oleh hotel berbintang juga gedung-gedung pemerintah. yang telah memiliki 6 orang kepemimpinan yaitu :

No

Nama Kepala Sekolah

Periode (Tahun)

Keterangan

1

Drs.Yukon Putra

1997-1998

Pensiun

2

Farida,z.S.Pd

1998 - 2000

Pensiun

3

Drs.Ardin.HS

2000 - 2007

Pensiun

4

Suharto Sisar,M.T

2007 - 2011

LPMP Solo

5

Drs.Raymon,M.Pd

2011 - 2016

Baltekom

6

Ariswan,S.Ag. M.Pd

2016 - 2018

BKD

7

Ishakawi,S.Pd,M.Ds

2018 - Sekarang

Aktif

 

Pada tahun 1997 - 2005 SMK Negeri 9 Padang dalam proses kegiatan belajarnya menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Sesuai dengan perkembangan kurikulum Pada tahun 2006 penggunaan KTSP merupakan strategi pengembangan kurikulum untuk mewujudkan sekolah yang efektif, produktif, dan berprestasi. Dalam KTSP, pengembangan kurikulum dilakukan oleh guru, kepala sekolah, serta Komite sekolah dan Dewan Pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.

Pada tahun 2006 mendapat nama sekolah yang berstatus RSBI (Sekolah Rintisan Berstandar Internasional), dengan menyandang gelar Sekolah RSBI, sekolah mendapatkan bantuan berupa sarana dan prasarana untuk proses belajar mengajar untuk kedua bidang keahlian. Adanya program pelatihan bagi kepala sekolah dan guru ke Austria selama 4 bulan dan ada juga yang satu tahun yang tujuan utamanya adalah penambahan kompetensi guru dan juga akan adanya bantuan peralatan untuk kedua kompetensi keahlian. Pada tahun 2000 sesuai dengan waktunya datanglah bebrapa sarana dan prasarana untuk praktek siswa yang berstandar hotel bintang 5.dengan adanya peralatan yang berstandar bintang lima inilah adanya kerjasama dengan ACS terhitung sejak tahun 2006 sd sekarang.

Tahun 2011 SMK Negeri 9 menjadi salah satu sekolah berpotensi untuk menjadi sekolah Rujukan. Tahun 2009 Kota Padang dilanda gempa dengan kekuatan 8,9 skala riter yang juga berdampak terhadap SMK Negeri 9 Padang.

Pada tahun baru 2013 SMK Negeri 9 adalah sekolah yang menjadi pilot project dalam penggunaan Kurikulum 2013, Dalam rangka menyiapkan tenaga yang ,Cerdas,Trampil Mandiri,dan Berprestasi, sesuai dengan visi sekolah,SMK Negeri 9 Padang melalui bantuan RPS yang diberikan oleh DITPSMK,SMK Negeri 9 Padang, memfasilitasi semua peserta didik untuk menggunakan dan memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah untuk sekolah, adapun RPS yang sudah difasilitasi dan di berdaya gunakan oleh sekolah diantaranya adalah RPS Hotel dan RPS Tata Boga, mulai dari STW,ATW dan TEFA. Untuk memastikan bahwa peserta didik kompeten dibidangnya, dari tahun 2011 SMK N 9 Padang telah mengikuti UKK dengan LSP P3, seiring tuntutannya dari DU/DI terhadap kompetensi siswa yang akan siap bersaing di Industri,

Penggunaan sarana praktek siswa tidak hanya digunakan sebagai tempat belajar siswa, tetapi juga digunkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang langsung jadi nara sumbernya guru-guru profesional sesuai dengan bidang keahlianya. SMK N 9 Padang termasuk salah satu SMK yang direvitalisasi menuju sekolah yang berpotensi menjadi SMK Rujukan. Banyaknya perubahan yang terjadi baik dibidang sarana dan prasarana maupun dibidang lainya membuat SMK Negeri 9 Padang banyak dikunjungi oleh sekolah-sekolah baik dalam kota ,luar kota maupun dari luar propinsi dalam rangka study banding.